Inilah Tips Merawat dan Mengatasi Kebocoran Tabung Gas LPG yang Belum Banyak Orang Ketahui !! Bantu Share Ya ...

Akibat yang timbul karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang tabung gas, maka risiko yang dihadapi adalah kejadian tabung gas yang meledak. Ledakan bisa saja terjadi bila campuran gas diudara mencapai 4% lebih pada suhu tertentu. Jika kadar gas masih dibawah 4%, api kompor akan menyala seperti biasa. Dibawah ini adalah tips merawat dan mengatasi kebocoran tabung gas rumah tangga, sehingga diharap memberi informasi tambahan kepada masyarakat dalam hal tabung gas.

Saat kita membeli tabung gas, hendaknya kita pilih tabung gas yang baik kondisinya dan perhatikan pula tanda tanggal kadaluarsanya. Gunakan regulator yang memiliki meteran agar kita mudah mengetahui sisa gas yang ada di tabung. Kita juga perlu memeriksa selang tabung gas untuk mengetahui bila ada kebocoran, lakukan minimal sebulan sekali.


Dalam memasang regulator, kita perlu memperhatikan ada tidaknya suara mendesis atau bau gas yang menandakan ada gas keluar dari tabung. Jika memang ada, segera lepaskan regulator dan cek karet cincin yang ada pada tutup gas. Kita perlu memiliki stok karet cincin ini, minta pada penjual gas atau kalau perlu kita beli sendiri agar mendapat kualitas yang baik, karena sering kali tabung gas ada yang tidak disertai cincin karet atau kalau ada ukurannya sering tidak pas yang mengakibatkan gas bocor. Jika demikian kita perlu ganti cincin karet dengan yang baik.

Perhatikan letak tabung gas, pastikan pada posisi yang tegak agar regulator dapat mengunci dengan baik dan tidak mudah lepas.

Untuk mengatasi kebocoran pada tabung gas, kita perlu memeriksa komponen baik kompor maupun tabung gas. Apakah selang bocor, sambungan selang, atau regulator tidak bekerja dengan baik, atau apakah kompor sudah tertutup dengan baik.

Langkah yang perlu diambil jika tercium bau  gas yang cukup menyengat adalah segera buka pintu maupun jendela agar segera ada pergantian udara. Lalu segera cabut regulator yang terpasang dan matikan kran kompor. Jangan menyalakan api seperti lilin, korek api, saklar listrik, ataupun rokok.

Untuk mencari sumber kebocoran, jika kebocoran sudah terjadi, kita bisa mengoleskan air sabun di bagian yang kita duga mengalami kebocoran. Air sabun akan menggelembung jika ditempat tersebut ada kebocoran.


Jika memang api sudah terlanjur menyala, jangan menyemprotkan air atau pemadam kebakaran lain. Cara yang baik adalah mematikan aliran gas dengan menutup kran kompor dan basahi tabung dengan air dingin atau karung basah agar tabung tidak meledak.

Demikian tips merawat dan mengatasi kebocoran tabung gas rumah tangga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Cara Paling Cepat Menghilangkan Flek Hitam Pada Jari-jari Tangan Dengan Bahan Alami!!

Sering Muncul Bintik Air yang Gatal dan Perih?! Banyak Orang Tidak Tahu Ternyata Hanya Perlu Dengan Ini Saja Cara Mengatasinya !!

Gak Perlu Mahal dan Mewah Begini Cara Membuat Gendongan Bayi dengan Kain Jarik Semoga Bermanfaat Untuk Kaum Ibu !!